cool hit counter

PDM Kabupaten Cirebon - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Cirebon
.: Home > Majelis Dikdasmen

Homepage

Majelis Dikdasmen

 Pengurus Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah :

Ketua

: Dirja Supriyatna,S.Pd

Sekretaris

: Abdul Aziz, M.Ag

Anggota

: Husni Haedar,SE

Anggota

: Drs. H. Nedi Sunaedi

Anggota

: Moh. Hidayat Mulyono,ST

Anggota

: Herman,S.Kom






Program Kerja :

A. Tujuan
1.      Berkembangnya kualitas dan ciri khas pendidikan Muhammadiyah (sekolah, madrasah, pesantren) yang unggul, holistik, dan bertata kelola dengan baik. 
2.      Teraktualisasikannya gerakan dakwah dan tajdid dalam memben- tuk manusia yang berakhlaq karimah melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Terkordinasikannya pengembangan dan peningkatan perguruan tinggi  Muhammadiyah Kab. Cirebon
 
B. Program Pengembangan
 
1.      Mengembangkan sistem pendidikan Muhammadiyah yang holistik atau menyeluruh sebagai kelanjutan dari konsepblueprint pendidikan Muhammadiyah di Cirebon menuju  tercapainya pendidikan yang unggul di masa depan.
2.      Menyusun roadmap keunggulan pendidikan Muhammadiyah tingkat dasar dan menengah dalam berbagai aspeknya, terma- suk pemetaan sumber daya insani, pusat-pusat keunggulan, fasilitas, tatakelola, kepemimpinan, dan lain-lain yang mendu- kung kualitas/keunggulan pendidikan Muhammadiyah Cirebon.
3.      Meningkatkan peran dan fungsi lembaga serta proses pendidikan Muhammadiyah sebagai lembaga pelayanan masyarakat, pusat dakwah Islam dan pusat pengkaderan AMM dengan membuka  dan memperluas akses dan kesempatan bagi seluruh masyarakat.
4.      Mengembangkan filosofi pendidikan qur'ani dan model-model pendidikan al Islam dan kemuhammadiyahan di seluruh jenjang pendidikan sesuai dengan delapan standar pendidikan nasional yangmemberikan pencerahan paham Islam dan komitmen gera kan Muhammadiyah yang berkemajuan.
5.      Mengembangkan jenis, jenjang dan jalur pendidikan baru seba gai alternatif dan solusi atas tuntutan dan kebutuhan masyara kat melalui berbagai usaha memperluas dan memperkuat pela yanan pendidikan sebagai agen perubahan sosial berdasarkan pada spirit tajdid dan amal shaleh.
6.      Meningkatkan dan memperkuat kemandirian pendidikan serta kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan persyarikatan dan satuan pendidikansetempat berdasarkan sistem kinerja, kerjasama kemitraan di dalam mau pun di luar negeri (sister school), serta meritokrasi dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan hidup masyarakat setempat, loyalitas,lama pengabdian, kreativitas dan profesionalisme kerja
 
7. Memfasilitasi dan membantu kegiatan penelitian dan usaha-usaha inovatif dan kreatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melaluikerjasama dan pengembangan jaringan.
 
8.      Mengintegrasikan aktivitas lembaga pendidikan  Muhammamadiyah  dengan program pengembangan masyarakat dan kegiatan persyarikatan di lingkungan setempat.
9.      Mengintensifkan pembinaan akhlak Islami,idiologi Muhammadiyah, dan penekanan pada pendidikan karakter di seluruh jenjang pendidikan Muhammadiyah sebagai satu kesa tuan utuh dengan pengembangan intelektualitas/ kecerdasan, keahlian, dan aspek-aspek penting lainnya yang menunjukkan keunggulan kualitas dan ciri khaspendidikan  Muhammadiyah.
D. Rincian Program
 
  1. Optimalisasi mutu lembaga pendidikan sebagai sarana ukhuwwah, dakwah dan pengembangan IPPSDI
  2. Mengembangkan  kreasi  managemen  dan proses pendidikan alternatif Islami.
  3. Pembinaan dan pengembangan pondok pesantren
  4. Pelembagaan lembaga penelitian 
  5. Mengembangkan kultur belajar dimasyarakat, serta pendidikan berbasis luas melalui pemberian skill.
  6. Pengeorganisasian kerjasama antar dan inter lembaga.
  7. Memberikan penghargaan kepada yang berprestasi untuk menum buhkan semangat bermuhammadiyah dan mendorong kepelopo- ran dan keteladanan di kalangan warga Muhammadiyah.
 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website