Majelis Pendidikan Kader
Susunan Pengurus Pendidikan Kader :
Program Kerja :
B. Program Pengembangan: (Sistemik, Sistematik dan integralistik)
Ketua |
: Drs. H. Chafiduddin |
Sekretaris |
: Sofi Azhari,S.Hut,S.Pd |
Bendahara |
: Nurrohmat,S.Pd |
Anggota |
: Siti Fadilah |
Anggota |
: Dwi Cahya Nurul |
Anggota | : Idi Wahidi,S.Pd.I |
Anggota | : Chafid Sefriyadi |
Anggota | : Uri Mashuri,S.Ag |
Anggota |
: Trio Subagja,S.Pd |
Anggota |
: Ex. Officio PCM dan Pimpinan Ortom |
Program Kerja :
A. Tujuan:
Berkembangnya kualitas anggota dan kader Muhammadiyah seba- gai pelaku gerakan yang memiliki integritas kepribadian moral, intelektual dan skill manajerial dalam rangka meningkatkan peran Muhammadiyah dalam dinamika kehidupan masyarakat.
B. Program Pengembangan: (Sistemik, Sistematik dan integralistik)
1) Merancangbangun design perkaderan Muhammadiyah Cirebon
2) Mensosialisasikah system perkaderan Muhammadiyah danmenja dikanperkaderan sebagai budaya organisasi di seluruh elemen persyarikatan
3) Menetapkan dan mendayagunakan keluarga, organisasi otonom dan pengelola serta pelaksana lembaga AUM sebagai lumbung /pilar-pilar perkaderan.
4) Menyiapkan tenaga-tenaga fungsional yang mampu memanaj perkaderan semenjak perencanaan sampai evaluasi dan tindak lanjut dari perkaderan.
5) Mengintensifkan pembinaan anggota dalam bentuk-bentuk perkaderan baik formal, informal maupun fungsional.
6) Membangun jejaring perkaderan untuk promosi, proyeksi dan transformasi kader.
7) Pendataan dan pembinaan kader-kader alumniperguruan Muhammadiyah
C. Rincian Program
1) Menyusun data base dan pemetaan sumberdaya kader
2) Membuat system informasi perkaderan
3) Membenbentuk forum Tafaqquh fi al-Din bekerjasama dengan Majlis Tarjih dan Tabligh.
4) Menyelenggarakan Darul Arqam /Baitul Arqam bekerjasama dengan Majlis,Lembaga, Ortom dan AUM dengan mengembang kan model-model pengkaderan sesuai dengan potensi, tuntutan dan kebutuhan.
5) Membangun kesadaran warga persyarikatan untuk menjadikan lembaga AUM sebagai pilihan pertamanya dengan AUM tersebut dikelola oleh kader profesional.
6) Membangun kembali semangat persaudaraan sesama warga Muhammadiyah (ta'jiah, walimah)
7) Melakukan koordinasi, sinergi dan penyetaraan kaderisasi dengan organisasi otonom.
8) Merintis sertifikasi kader diberbagai level yang dapat digunakan untuk pertimbangan kepemimpinan persyarikatan dan AUM.
9) Melaksanakan sertifikasi Guru, Dosen AIK bekerja sama dengan Majlis Dikdasmen dan Dikti
10) Membangun Asrama Siswa dan Mahasiswa sebagai tempat perka deran.
11) Menerbitkan media informasi/komunikasi perkaderan,cetak dan elektronik (digital).
12) Melakukan penggalangan dana kader dan perkaderan.
13) Menyelenggarakan forum-forum silaturrahim perkaderan.